MASJID ASH-SHOFA

Masjid Ash-Shofa terletak di Perumahan Puri Anggrek Mas - DEPOK. Sebuah masjid kecil yang senantiasa belajar untuk memuliakan Allah Subhanahu-wa-ta'ala. Apabila Anda teringat dengan nama Masjid Kubah Emas, bukan bermaksud membandingkan fisiknya, inilah penanda yang paling gampang, bahwa letak masjid kecil ini sekitar 1 kilometer ke arah kota Depok dari masjid yang indah dan fenomenal itu.
Kontak e-mail: pengajian.puri@gmail.com

Friday, September 2, 2011

RANGKUMAN KULTUM TARAWIH, KAMIS 25 RAMADHAN 1432H

Judul: Menyia-nyiakan Shalat
Penceramah: Ustadz Muhkhrodi

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan mempertaruhkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan. Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh.” (QS Maryam: 60).

[Catatan: Ibnu Abas berkata, “Makna menyia-nyiakan shalat bukanlah meninggalkan sama sekali. Tapi mengakhirkan dari waktu yang seharusnya.” [Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir (16/75), dan As-Suyuthi dalam Ad-Durr Al-Mantsuur (4/498) menambahkan penisbatan perkataan ini kepada Add bin Humaid]. “ ... fa saufa yalqauna gayyaa(n)”, maka mereka kelak akan tersesat (QS Maryam: 60). Imam Sa’id bin Musayyib menjelaskan: “Barang siapa mati dalam keadaan terus menerus menyia-nyiakan shalat seperti itu dan tidak bertaubat, maka Allah menjanjikan baginya Ghayy, yaitu lembah di neraka Jahannam yang sangat dalam dasarnya lagi sangat tidak enak rasanya.” – Red].

Shalat adalah tiang agama. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi : “…Pokok urusan adalah Islam, tiangnya adalah shalat dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah…”. Shalat ibarat tiang, Agama ibarat bangunan yang akan terlihat indah dengan perilaku umatnya yang sopan dan terpuji yang akan tetap terpelihara dengan mempelajari, memahami dan melaksanakan/ mengamalkan Ajaran Agama.

Shalat itu memberikan rahmad dan perdamaian kepada manusia. Jika Anda mengalami kesulitan sekecil maupun sebesar apapun, hendaknya selalu memohon pertolongan kepada Allah melalui shalat. Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 45-46, Allah SWT berfirman : “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”.

Shalat merupakan amal pertama yang akan dihisab di hari kiamat. Berdasarkan hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Tirmidzi : “Awal hisab seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka seluruh amalnya baik, dan apabila buruk maka seluruh amalnya buruk”.

Ada sebuah kisah yang dinukil dari Kitab Duratun Nasihin. Di masa Khalifah Abu Bakar ra, ada seorang pria meninggal dunia, lalu ketika dishalati oleh banyak orang, bergeraklah kain kafan pembungkusnya, dan terlihat di dalamnya ada seekor ular membelit leher mayat dan menggerogoti dagingnya serta menghisap darahnya. Maka segeralah orang-orang hendak membunuhnya, namun ularpun berucap: “La ilaaha illallaah muhammad-ur rasulullah” dan bertanya: “Ken. Merekapun bertanya: “Apakah dosa dan kesalahannya?” Jawabnya: “Yaitu 3 kesalahannya: (1) Adalah ketika mendengar seruah shalat (adzan), enggan menghadiri shalat berjamaah; (2) Enggan pula membayar zakat hartanya; dan (3) Acuh (tak peduli) terhadap nasehat ‘ulama, maka inilah sebagai siksanya”. [dari Al-Marsum], Tidak ada doa yang lebih baik selain shalat.

Wallahu’alam.

No comments: