MASJID ASH-SHOFA

Masjid Ash-Shofa terletak di Perumahan Puri Anggrek Mas - DEPOK. Sebuah masjid kecil yang senantiasa belajar untuk memuliakan Allah Subhanahu-wa-ta'ala. Apabila Anda teringat dengan nama Masjid Kubah Emas, bukan bermaksud membandingkan fisiknya, inilah penanda yang paling gampang, bahwa letak masjid kecil ini sekitar 1 kilometer ke arah kota Depok dari masjid yang indah dan fenomenal itu.
Kontak e-mail: pengajian.puri@gmail.com

Friday, September 2, 2011

RANGKUMAN KULTUM TARAWIH, JUMAT 26 RAMADHAN 1432H

Judul: Meraih Kebahagiaan
Penceramah: Ustadz Imam Subaweh

Sebagai manusia pasti menginginkan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Bagaimana kita dapat meraihnya? Ahli nasihat memberikan nasihatnya : amal sholeh adalah landasan dasar untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Jika kita banyak beramal sholeh, kita dapat mencapai tingkat menjadi kekasih Allah; dengan menjadi kekasih Allah, kita akan mendapat perhatian dengan mendapat perhatian maka segala permintaan, segala doa kita akan dituruti.

Secara garis besarnya ada 4 langkah untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat:

1. Dalam menjalankan ibadah (dunia & akhirat) harus dilaksanakan dengan dasar cinta (kepada Allah). Niatkan semua pekerjaan sebagai ibadah, dan didedikasikan sebagai wujud cinta kepada Allah. Cinta sebagai perekat hubungan antara orang tua dengan anak; antara hamba dengan Allah. Jika suatu amalan dilandasi dengan cinta, kita pasti rela berkorban. Anas radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, artinya, "Tidak beriman salah seorang di antara kalian, sehingga aku lebih dia cintai dari pada orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia."

2. Dalam menjalankan ibadah harus berusaha semaksimal mungkin; sebanyak mungkin menjalankan perintahNya dan sebanyak mungkin menjauhi laranganNya, sesuai kemampuan kita.

3. Dalam menjalankan ibadah harus bersungguh-sungguh. Jika tidak bersungguh-sungguh maka tidak membawa kepada cinta Allah. Perumpaannya, seorang mahasiswa yang ingin berhasil menjadi sarjana harus belajar / kuliah dengan bersungguh-sungguh; demikian juga orang yang ingin sukses dalam pekerjaan, mereka harus bekerja dengan bersungguh-sungguh.

4. Dalam menjalankan ibadah harus sabar. Sabar dalam arti yang luas. Berpuasa, shalat, zakat dengan sabar. Allah berfirman, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (Al-Baqarah: 45-46).

Sebagai penutup, semuanya amal ibadah kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Sebagaimana Allah berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula”. (QS Al-Zalzalah: 7-8).

Wallahu’alam

No comments: